PESAN DARI BUMI

Anas bin Malik berkata bahwa bumi berpesan 10 kali tiap hari kepada manusia.

Ia berpesan : “wahai manusia !!! Kau berjalan di atasku, tapi ingat tempat kau kembali itu di perutku. Kau bermaksiat di atasku, tapi penyiksaanmu itu di perutku. Kau tertawa di atasku, tapi kau menangis di perutku. Kau makan makanan haram di atasku, tapi ulat akan memakanmu di perutku. Kau berbahagia di atasku, tapi kau bersedih di perutku. Kau mengumpulkan aneka hal haram di atasku, tapi kau akan meleleh di perutku. Kau bisa sombong di atasku, tapi kau akan menjadi rendah di perutku. Kau berjalan gembira ria di atasku, tapi kau akan merasa susah di perutku. Kau berjalan dengan penuh cahaya terang di atasku, tapi kau terduduk diam dalam kegelapan di perutku. Kau jalan berbondong bondong bersama temanmu, tapi kau terduduk diam sendiri di perutku.” 

Kuburan/makam berpesan kepada manusia 3 kali tiap hari. 

Ia berpesan : “wahai manusia !!! Aku adalah rumah kesendirian, rumah kegelisahan, rumah kalajengking dan ular pemakan jasadmu. Aku adalah rumah kegelapan, dan aku adalah rumah ulat pemakan jasadmu. Lalu apa yang sudah siapkan untukku ???”

Kuburan/makam juga berpesan kepada manusia 5 kali sehari. 

Ia berpesan : “wahai manusia !!! Aku adalah rumah kesendirian, maka jadilah orang yang ramah dengan bacaan qur’an. Aku adalah rumah kegelapan, maka terangilah aku dengan sholat malam. Aku adalah rumah penuh debu, maka bawalah kendaraan berupa amal sholeh. Aku adalah rumah ular ular berbisa, maka bawalah obat penawar berupa kalimat  بسم الله الرحمن الرحيم dan tetesan air mata. Aku adalah rumah pertanyaan Munkar Nakir, maka perbanyaklah membaca لا اله الا الله محمد رسول الله di atasku supaya memudahkanmu menjawabnya kelak”

Sumber : Daqoiq al-Akhbar, Imam Abdurrohim bin Ahmad al-Qodhi, BAB 10.

Tinggalkan komentar